PENGERTIAN MOTOR SEA WATER SUPPLY PUMP
Motor sea water pump
adalah alat yang berfungsi peralatan untuk memompa air laut ke dalam desalination sistem
sebagai air pendingin dan sebagai air pengumpan. Untuk pengertian motor listrik
adalah suatu alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.
Motor Sea Water Pump ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
NO
|
Spesifikasi
|
Keterangan
|
1
|
Name
|
Sea water pump
|
2
|
Type
|
YLKK400-6
|
3
|
Power(KW)
|
280
|
4
|
Voltage(V)
|
6000
|
5
|
Current(A)
|
35,2
|
6
|
Frequensi(Hz)
|
50
|
7
|
Speed(RPM)
|
989
|
8
|
Power Factor
|
0,82
|
9
|
Connection
|
Y
|
10
|
Enclosure
|
IP55
|
11
|
Insulation Class
|
F
|
12
|
Weight(Kg)
|
2800
|
- Prinsip Kerja Sea water Pump
Sea water pump
merupakan sebuah pompa yang berfungsi untuk memompakan air laut yang akan
ditransformasikan ke boiler. Sebelum menuju boiler air laut tersebut harus
melalui beberapa treatment untuk menjadikan air laut tersebut menjadi air
murni.
- Hubungan Motor Sea Water Pump
Pada dasarnya motor
listrik memiliki spesfikasi motor listrik itu sendiri, meliputi nama motor,
type, power motor, voltage motor, arus motor ferkuensi motor, rpm (rotasi putar
motor), connection (hubungan motor),
insulation motor, berat motor, ambient temperature motor, dan data motor saat
digunakan.
Spesifikasi ini sangat
diperlukan pada motor itu sendiri, karena spesifikasi ini sangat membantu bagi
pemasang dan orang-orang yang bertugas dalam pemeliharaan/perawatan dan
pengoperasian motor tersebut, ketika saat ingin mengetahui berapa arus,
tegangan, rpm, ferkuensi, hubungan motor, temperatur max motor, hingga jika
ingin melihat berupa berat motor tersebut, jika spesifikasi tersebut tidak ada
maka akan sulit mengetahui yaitu arus, tegangan, rpm, ferkuensi, hubungan
motor, temperatur max motor dan berat motor.
Hubungan motor listrik
sangat perlu pada motor listrik. Bahwa motor listrik 3 phasa ke sumber listrik
PLN maupun Genset harus mengetahui hubungan motor tersebut secara hubungan
bintang (star) maupun segitiga (delta).
Sea water pump
menggunakan hubungan bintang (star). Pada dasarnya hubungan bintang atau star
dengan menyambungkan ketiga ujung yang sejenis (pangkal maupun ujung) dari
ketiga lilitan kumparan motor induksi tiga fasa tersebut. Pada hubungan bintang
ini kumparan akan menerima tegangan sebesar Vt=VL/1. Untuk
arus yang mengalir pada kumparan sama dengan arus sumber IL=if.
Garis
–garis gaya listrik (ggl) pada seluruh kumparan mempunyai arah yang sama.
- Spesifikasi Heater.
Tabel 1. 2 Spesifikasi Heater
NO
|
Spesifikasi
|
Keterangan
|
1
|
Power(W)
|
1200
|
2
|
Voltage(V)
|
380
|
Heater pada motor Sea
Water Pump adalah perlatan yang berfungi untuk memepertahankan suhu
/temperature pada motor Sea Water Pump agar tidak terjadi kelembapan pada
belitan motor pada saat mati dalam waktu yang lama. Heater di PLRU ini juga
banyak di pakai di motor-motor besar 6KV / 6000 V.
- Spesifikasi Grease Motor
Tabel 1. 3 Spesifikasi Grease
NO
|
Spesifikasi
|
Keterangan
|
1
|
Type
|
AVIATION
GREASE 7008
|
2
|
Periode(hours)
|
500
|
Grease merupakan salah
satu hal terpenting pada suatu peralatan motor listrik, untuk motor Sea Water
Pump ini menggunakan grease Merk SKF (buatan perancis), karena tipe motor ini
mempunyai RPM yang cukup tinggi.
Biasanya grease di motor listrik mempunyai 2 cara yang berbeda.
Cara pertama yaitu grease gun untuk motor – motor besar seperti Sea Water Pump.
Cara kedua yaitu saat menambahkan grease pada bearing pada saat akan memasang
bearing yang baru atau pada saat mengganti bearing lama dengan yang baru.
- Pendingin Motor Sea Water Supply Pump
Motor Sea Water Supply Pump
ini menggunakan sistem secara langsung, kelengkapan pendingin suatu motor
tergantung pada kapasitasnya, maka sistem pendinginnya akan semakin kompleks,
secara sederhana bagian pendingin motor Sea Water Supply Pump seperti di bawah
ini.
·
Kipas
Kipas motor Sea Water Pump ini cukup
besar di banding motor 380 karena sesuai kebutuhannya motor ini akan menyedot
udara dari luar yang akan masuk ke dalam motor ini, udara yang masuk akan di
keluar melewati sisi bawa DE (Drive End).
Biasanya motor yang kapasitas besar
juga semakin besar kipas untuk pendingin
motor, jika motor itu semakin kecil maka kipas pendingin dibutuhkan juga kecil.
Kipas ini di dalam motor termasuk
golongan kompone yang cukup penting juga didalam motor listrik. Jika biasanya
terdapat motor yang kapasitas besar, maka setidaknya memerlukan alat pendingin
berupa kipas di sisi NDE (Non Drive End).
·
Sirip
Pendingin
Sirip pendingin motor Primary Air Fan
ini terdapat pada bagian dalam motor (rotor). Saat motor berputar rotor Primary
Air Fan ini akan menghempakan udara yang di bantu sirip – sirip yang ada di rotor
tersebut.
·
Tubing
Pendingin
Tubing pendingin ini adalah tempat
keluarnya udara yang disedot oleh kipas pada sisi DE (Drive End). Kipas yang
ditempatkan pada poros berputar sesuai kecepatannya poros bersama tutup kipas
mengekspresikan udara paksa ke sirip – sirip pendingin yang berada pada cover
motor untuk melepaskan energi panas yang timbul pada motor ke udara bebas
- Grounding Motor Sea Water Supply Pump
Grounding digunakan
untuk memproteksi jika arus pada motor bocor, maka secara langsung arus itu
akan dibuang melalui grounding, grounding ini sangat dibutuhkan di motor
listrik, terutama motor – motor berkapasitas
besar yang mempunyai arus yang cukup tinggi. Grounding juga dapat menjadi Perlindungan
dari tegangan tinggi,
dalam sistem instalasi listrik untuk mengurangi atau menghindari bahaya yang
disebabkn oleh tegangan tinggi. Misalnya bahaya petir dengan tegangan tinggi. Penstabil
tegangan grounding dapat
berfungsi sebagai menstabilkan tegangan pada banyak sumber tegangan. Jika tidak
terdapat titik refrensi umum untuk semua sumber tegangan, akan Mengatasi arus yang lebih terjadi
kesulitan antar masing – masing hubungan. Grounding juga berfungsi untuk
mengatasi arus yang berlebih, karena sistem grounding ini menyediakan level
keselamatan baik kerusakan peralatan atau manusia.
- Kerugian kerusakan pada Motor Sea Water Supply Pump
Kerugian kerusakan pada
Motor Sea Water Supply Pump adalah : 1. Chlorine akan mati
2. Multi Effect
Desalination akan mati
3. Tidak bisa memproduksi air tawar
1. Chlorine akan mati
Penjelasan : jika berpengaruh pada chlorine maka biota laut akan
berkembang biak pada tube condensor. Condensor akan panas dan daya akan menjadi
menurun
2. Multi Effect Desalination (MED) akan
mati
Penjelasan : jika berpengaruh pada Multi Effect Desalination (MED) maka
stok air berkurang dan stok air habis harus membeli jika tidak dilakukan
tindakan tersebut maka Unit bisa mati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar