Kamis, 12 September 2019

Motor 3 Phasa Sea Water Pump


PENGERTIAN MOTOR SEA WATER SUPPLY PUMP

Motor sea water pump adalah alat yang berfungsi peralatan untuk  memompa air laut ke dalam desalination sistem sebagai air pendingin dan sebagai air pengumpan. Untuk pengertian motor listrik adalah suatu alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor Sea Water Pump ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut :
Tabel 1. 1 Spesifikasi Motor Sea Water Pump
NO
Spesifikasi
Keterangan
1
Name
Sea water pump
2
Type
YLKK400-6
3
Power(KW)
280
4
Voltage(V)
6000
5
Current(A)
35,2
6
Frequensi(Hz)
50
7
Speed(RPM)
989
8
Power Factor
0,82
9
Connection
Y
10
Enclosure
IP55
11
Insulation Class
F
12
Weight(Kg)
2800

  • Prinsip Kerja Sea water Pump

Sea water pump merupakan sebuah pompa yang berfungsi untuk memompakan air laut yang akan ditransformasikan ke boiler. Sebelum menuju boiler air laut tersebut harus melalui beberapa treatment untuk menjadikan air laut tersebut menjadi air murni.

  •  Hubungan Motor Sea Water Pump

Pada dasarnya motor listrik memiliki spesfikasi motor listrik itu sendiri, meliputi nama motor, type, power motor, voltage motor, arus motor ferkuensi motor, rpm (rotasi putar motor), connection  (hubungan motor), insulation motor, berat motor, ambient temperature motor, dan data motor saat digunakan.
Spesifikasi ini sangat diperlukan pada motor itu sendiri, karena spesifikasi ini sangat membantu bagi pemasang dan orang-orang yang bertugas dalam pemeliharaan/perawatan dan pengoperasian motor tersebut, ketika saat ingin mengetahui berapa arus, tegangan, rpm, ferkuensi, hubungan motor, temperatur max motor, hingga jika ingin melihat berupa berat motor tersebut, jika spesifikasi tersebut tidak ada maka akan sulit mengetahui yaitu arus, tegangan, rpm, ferkuensi, hubungan motor, temperatur max motor dan berat motor.
Hubungan motor listrik sangat perlu pada motor listrik. Bahwa motor listrik 3 phasa ke sumber listrik PLN maupun Genset harus mengetahui hubungan motor tersebut secara hubungan bintang (star) maupun segitiga (delta).
Sea water pump menggunakan hubungan bintang (star). Pada dasarnya hubungan bintang atau star dengan menyambungkan ketiga ujung yang sejenis (pangkal maupun ujung) dari ketiga lilitan kumparan motor induksi tiga fasa tersebut. Pada hubungan bintang ini kumparan akan menerima tegangan sebesar Vt=VL/1. Untuk arus yang mengalir pada kumparan sama dengan arus sumber IL=if. Garis –garis gaya listrik (ggl) pada seluruh kumparan mempunyai arah yang sama.


  • Spesifikasi Heater.

Tabel 1. 2 Spesifikasi Heater
NO
Spesifikasi
Keterangan
1
Power(W)
1200
2
Voltage(V)
380

Heater pada motor Sea Water Pump adalah perlatan yang berfungi untuk memepertahankan suhu /temperature pada motor Sea Water Pump agar tidak terjadi kelembapan pada belitan motor pada saat mati dalam waktu yang lama. Heater di PLRU ini juga banyak di pakai di motor-motor besar 6KV / 6000 V.
  • Spesifikasi Grease Motor

Tabel 1. 3 Spesifikasi Grease
NO
Spesifikasi
Keterangan
1
Type
AVIATION GREASE 7008
2
Periode(hours)
500
Grease merupakan salah satu hal terpenting pada suatu peralatan motor listrik, untuk motor Sea Water Pump ini menggunakan grease Merk SKF (buatan perancis), karena tipe motor ini mempunyai RPM yang cukup tinggi.
Biasanya grease di  motor listrik mempunyai 2 cara yang berbeda. Cara pertama yaitu grease gun untuk motor – motor besar seperti Sea Water Pump. Cara kedua yaitu saat menambahkan grease pada bearing pada saat akan memasang bearing yang baru atau pada saat mengganti bearing lama dengan yang baru.
  •  Pendingin Motor Sea Water Supply Pump

Motor Sea Water Supply Pump ini menggunakan sistem secara langsung, kelengkapan pendingin suatu motor tergantung pada kapasitasnya, maka sistem pendinginnya akan semakin kompleks, secara sederhana bagian pendingin motor Sea Water Supply Pump seperti di bawah ini.

·        Kipas
Kipas motor Sea Water Pump ini cukup besar di banding motor 380 karena sesuai kebutuhannya motor ini akan menyedot udara dari luar yang akan masuk ke dalam motor ini, udara yang masuk akan di keluar melewati sisi bawa DE (Drive End).
Biasanya motor yang kapasitas besar juga  semakin besar kipas untuk pendingin motor, jika motor itu semakin kecil maka kipas pendingin dibutuhkan juga kecil.
Kipas ini di dalam motor termasuk golongan kompone yang cukup penting juga didalam motor listrik. Jika biasanya terdapat motor yang kapasitas besar, maka setidaknya memerlukan alat pendingin berupa kipas di sisi NDE (Non Drive End).

·                    Sirip Pendingin
Sirip pendingin motor Primary Air Fan ini terdapat pada bagian dalam motor (rotor). Saat motor berputar rotor Primary Air Fan ini akan menghempakan udara yang di bantu sirip – sirip yang ada di rotor tersebut.
·                    Tubing Pendingin
Tubing pendingin ini adalah tempat keluarnya udara yang disedot oleh kipas pada sisi DE (Drive End). Kipas yang ditempatkan pada poros berputar sesuai kecepatannya poros bersama tutup kipas mengekspresikan udara paksa ke sirip – sirip pendingin yang berada pada cover motor untuk melepaskan energi panas yang timbul pada motor ke udara bebas

  •  Grounding Motor Sea Water Supply Pump

Grounding digunakan untuk memproteksi jika arus pada motor bocor, maka secara langsung arus itu akan dibuang melalui grounding, grounding ini sangat dibutuhkan di motor listrik, terutama motor – motor  berkapasitas besar yang mempunyai arus yang cukup tinggi. Grounding juga dapat menjadi Perlindungan dari tegangan tinggi, dalam sistem instalasi listrik untuk mengurangi atau menghindari bahaya yang disebabkn oleh tegangan tinggi. Misalnya bahaya petir dengan tegangan tinggi. Penstabil tegangan  grounding dapat berfungsi sebagai menstabilkan tegangan pada banyak sumber tegangan. Jika tidak terdapat titik refrensi umum untuk semua sumber tegangan, akan Mengatasi arus yang lebih terjadi kesulitan antar masing – masing hubungan. Grounding juga berfungsi untuk mengatasi arus yang berlebih, karena sistem grounding ini menyediakan level keselamatan baik kerusakan peralatan atau manusia.

  •  Kerugian kerusakan pada Motor Sea Water Supply Pump

Kerugian kerusakan pada Motor Sea Water Supply Pump adalah : 1. Chlorine akan mati
2. Multi Effect Desalination akan mati
3.  Tidak bisa memproduksi air tawar
1. Chlorine akan mati
    Penjelasan : jika berpengaruh pada chlorine maka biota laut akan berkembang biak pada tube condensor. Condensor akan panas dan daya akan menjadi menurun
2. Multi Effect Desalination (MED) akan mati
    Penjelasan : jika berpengaruh pada Multi Effect Desalination (MED) maka stok air berkurang dan stok air habis harus membeli jika tidak dilakukan tindakan tersebut maka Unit bisa mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM PENTANAHAN

  Sistem Pentanahan Apa sistem pentanahan itu? Sistem pentanahan adalah sistem hubungan penghantar yang menghubungkan sistem, badan pe...